SUARA DESA 

Perangkat Desa Bagik Payung Selatan Hasil Seleksi Dilantik

Lombok Timur SR – Pemerintah Desa (Pemdes) Bagik Payung Selatan Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menggelar acara pelantikan perangkat desa pada Rabu (23/12). Acara yang berlangsung di halaman Kantor Desa, Pejabat Kepala Desa Bagik Payung Selatan, Pauzi SH, melantik tiga kepala wilayah (Kawil) dan seorang Kaur Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Pelantikan tersebut sebagai upaya meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan masyarakat karena Desa Bagik Payung kepada Selatan mencakup 10 wilayah / dusun yang sangat luas.

“Dengan dilantiknya Kaur Kesra dan tiga orang Kawil ini bisa lebih bersinergi lagi dengan kader posyandu dan yang lain untuk kemajuan desa ke depan. Dan bagi kepala kewilayahan agar bisa memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kaur Perencanaan Desa Bagik Payung Selatan sekaligus Ketua Panitia Pelantikan, Muzawir pada Suara Rinjani, Rabu (23/12).

Lanjutnya, dalam satu wilayah di Desa Bagik Payung Selatan terdapat 200-400 KK sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi kurang maksimal dan untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan memekarkan dusun / wilayah. Terkait permasalahan di Desa Bagik Payung Selatan yang muncul dan menjadi sorotan sejumlah pihak beberapa waktu lalu, ia menganggap hal tersebut sebagai sebuah dinamika dalam berdemokrasi dan berharap masyarakat segera menerapkan keadaan di desa tersebut.

“Itulah alasan pelantikan dan kadus ini untuk mekar. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Suralaga Ir. Agus Masrihadi mengatakan, sangat bersyukur atas terselenggaranya acara tersebut. Ia menjelaskan, dalam hal proses pengisian perangkat desa yang sesuai dengan undang-undang, camat tidak berhak mengeluarkan rekomendasi. Akan tetapi, camat dapat memerintahkan kepala desa (Kades) untuk melakukan pengisian ulang bagi dusun/wilayah yang bermasalah.

Agus juga mengingatkan pada Januari 2021 mendatang Lotim akan mengadakan pilkades serentak sehingga pelantikan tersebut harus segera diselesaikan.

“Kalau kita tidak cepat menyelesaikannya, untuk suasana kondusif nanti akan terganggu, lebih-lebih pilkades,” terangnya.

Lebih lanjut, Agus menerangkan acara pelantikan tersebut juga berkerjasama dengan Toma, Toga, Intel Kodim dan Resort untuk melihat situasi dan kondisi sehingga acara pelantikan tersebut bisa terlaksana.

Dalam kesempatan yang sama, Kaur Kesra yang baru dilantik Abdul Mukmin mengatakan, hal pertama yang akan membangun Desa Bagik Payung Selatan bekerja sama dengan Kawil untuk memperbaiki data kemiskinan dan data-data yang lain sesuai dengan tufoksinya.

“Saya akan berkerja sesuai aturan atau kewenangan saya. Berkoordinasi dengan pimpinan dan yang lebih penting peran serta masyarakat,” tandasnya.

Adapun empati perangkat desa yang dilantik tersebut adalah Kaur Kesra, Kawil Dasan Baru Barat, Kawil Dasan Baru Timur, dan Kawil Dasan Reban. (Lemah)

Related posts

%d blogger menyukai ini: