SUARA LOTIM 

Ribuan Rumah Warga di Lotim Direndam Banjir, Kerugian Mencapai 1,5 Miliar

Lombok Timur SR- Banjir bandang yang menerjang Kecamatan Pringgasela dan Kecamatan Suela Kabupaten Lotim pada Senin kemarin, mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Sebagian besar kerugian akibat rusaknya perabotan rumah tangga warga.

“Total estimasi kerugian Rp 1,5 miliar di Desa Seruni Mumbul, Rp 500 juta di Desa Labuhan Lombok, Rp 100 juta di Desa Perigi Kecamatan Suela,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim Iwan Setiawan saat dikonfirmasi via WhatsApp, Selasa (15/12).

Sebelumnya, cuaca buruk yang terjadi mengakibatkan dua kecamatan di Lotim terendam banjir. Banjir disebabkan meluapnya aliran Sungai Ceremai di Desa Perigi Kecamatan Suela dan derasnya aliran udara dari bukit di Desa Seruni Mumbul Kecamatan Pringgabaya Lotim pada Senin 14 Desember 2020. Meski tidak menimbulkan korban jiwa dan luka, tetapi banjir yang terjadi mengakibatkan 1945 unit rumah di dua kecamatan tersebut tergenang air dengan ketinggian mencapai satu meter.

Sementara itu di Desa Perigi Kecamatan Suela, dua unit rumah rusak pada bagian tembok dan mengakibatkan tembok halaman SDN 4 Perigi rusak. Hingga pukul 17:00 WITA kemarin, Tim SAR Lotim bersama aparat gabungan TNI-Polri, BPBD, PMI, dan relawan telah melakukan evakuasi mandiri.

BPBD mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada karena fenomena cuaca ekstrem masih akan dalam beberapa hari ke depan. (Wan)

Related posts

%d blogger menyukai ini: