Covid-19, Kasus Ditangani  Pengadilan Agama Sumbawa Meningkat

Covid-19, Kasus Ditangani  Pengadilan Agama Sumbawa Meningkat

Sumbawa SR- Sejak pandemi Covid19, jumlah perkara masuk di Pengadilan Agama Sumbawa  Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB), mengalami peningkatan.

“Seperti yang kemarin kan, ada lebih dari 3 perkara yang masuk, terutama masalah perkawinan di bawah umur, “kata Panmud Gugatan, Pengadilan Agama Sumbawa, Syaifullah, saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Syaifullah menambahkan, untuk memudahkan akses pedaftaran perkara, pihaknya sudah menyediakan aplikasi ecord. “Jadi, mereka tinggal buka sistem ecord atau bisa juga langsung melalui pengacaranya,” terangnya.

Ia mengungkapkan, dari sejak bulan April sampai dengan November kemarin ini. Terhitung dari delapan bulan yang lalu, sampai dengan hari ini, berjumlah 937 perkara yang masuk di sini.

“Terjadinya peningkatan perkara yang masuk, disebabkan karena biasanya antara para pihak tingkat krusial rumah tangganya, dan di sisi lain juga ekonomi,” paparnya.

Lanjutnya, untuk menyelesaikan perkara keadilan, para pihak sebelumnya, kita lakukan mediasi. “Setelah kita melakukan mediasi, ada, yang kembali berpikir jernih dan Alhamdulillah banyak juga yang berhasil diselesaikan masalahnya melalui proses mediasi,” pungkasnya. (ml/bgs)

Share this post