Iwan : Kerugian Akibat Puting Beliung Capai Miliaran Rupiah

Iwan : Kerugian Akibat Puting Beliung Capai Miliaran Rupiah

Lombok Timur SR- Beberapa desa di 4 kecamatan diterjang angin puting beliung beberapa waktu lalu. Akibatnya, puluhan rumah warga mengalami kerusakan dan menimbulkan kerugian material mencapai 2 milyar rupiah lebih. Keempat kecamatan itu antara lain Terara, Sikur, Montong Gading dan Jerowaru.

Kerusakan rumah warga dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan. Semua data sudah masuk di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim terkait dengan kerusakan akibat angin puting beliung.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Iwan Setiawan kepada wartawan di kantornya, Senin (30/11).

Ia menjelaskan, rumah  warga yang rusak mulai dari karena tertimpa pohon, atapnya diterbangkan angin maupun lainnya. Termasuk didalmnya rumah yang tidak layak huni dan bangunan rumah tahan gempa.

“Kami tak tahu persis berapa jumlahnya rumah tak layak huni dan RTG yang rusak akibat angin puting beliung itu, tapi yang jelas datanya sudah masuk semua,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Iwan Setiawan meminta kepada masyarakat di Lotim untuk berhati-hati dan waspada terhadap Badai  Lanina yang masih menghantui masyarakat.

Karena tidak melihat tempat dimana sebelumnya terjadi di wilayah pegunungan saja, tapi sekerang sudah merambah ke pesisir pantai Lotim tepatnya Desa Batu Nampar Selatan. ” Semua tempat bisa terjadi Badai Lanina ini,makanya kami minta masyarakat waspada,” pintanya.

Iwan juga menerangkan, sebagai upaya tanggap dadurat bencana, Pemkab Lotim membentuk Tim Siaga Bencana Kabupaten (TSBK) dengan susunan pengurusnya, Dewan Pengarah Bupati dan Wakil Bupati, Komandan TSBK Sekretaris Daerah, dan beranggota Forkopimda dan OPD terkait. “Insya Allah dalam waktu dekat ini, SK TSBK akan diterbitkan Bupati,”pungkasnya.(wan)

Share this post