Tingkatkan Kompetensi Wartawan, PWI Lotim akan Gelar UKW

Tingkatkan Kompetensi Wartawan, PWI Lotim akan Gelar UKW

Lombok Timur SR – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lombok Timur, dalam waktu dekat akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) khusus tingkat Muda, yang direncanakan akan dilaksankan sekitar tanggal 11-13 Desember 2020 di Hotel Green Orry Tete Batu Selatan Kecamatan Sikur.
“Saat ini kami tengah melakukan sosialisasi dan verifikasi kepada calon peserta UKW khusus wartawan yang bertugas di Lombok Timur,” kata Ketua UKW PWI Lotim, Hasanah Efendi, melalui siaran persnya, Rabu (25/11).
Lanjutnya, kegiatan UKW ini sangat penting bagi wartawan, karena kedepnnya, Dewan Pers akan menerapkan aturan dimana yang boleh melakukan peliputan dan wawancara adalah wartawan yang lulus UKW, sehingga dasar inilah PWI Lombok Timur terpanggil untuk melaksanakan UKW ini.
Terkait UKW ini, Dewan Pers telah mengeluarkan Peraturan Nomor 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan. “Adapun tujuan UKW ini antara lain; Meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. Menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers. Menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik. Menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual. Menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan. Dan menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers,” urainya.
Katanya, untuk menjadi peserta UKW ini cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi, dianataranya, legalitas media yang harus ditandatangani Kemenkumham, kemudian rekomendasi dari perusahaan dan Pemimpin Redaksi media tempat bekerja,  dan banyak syarat lainnya terkait dengan kejurnalistikan. Kategori kompetensi yang diuji ada 3 komponen yaitu pertama, kesadaran, yang berkaitan etika dan hukum, kepekaan jurnalistik, serta jejaring sosial dan lobi. Kedua, pengetahuan, yang mencakup teori jurnalistik, pengetahuan umum dan khusus. Dan ketiga, keterampilan yang mencakup kegiatan 6 M ( mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi) serta melalukan investigasi, analisis dan penggunaan alat teknologi.
“UKW ini adalah yang pertama kali dilaksanakan PWI Lombok Timur, sehingga panitia membatasi peserta UKW sebanyak 18 orang dari perwakilan masing-masing media. Jadi, satu orang, satu media. Hal ini kita lakukan karena besarnya biaya UKW ini karena penguji langsung kita datangkan dari Dewan Pers dan PWI Pusat,”pungkasnya.
Sementara itu, Ketua PWI Lombok Timur, Ratna Dewi menambahkan, dalam kegiatan UKW ini PWI Lotim menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Lombok Timur, sehingga calon peserta UKW ini dihajatkan bagi wartawan yang berasal atau bertugas di Lombok Timur dalam upaya meningkatkan kompetensi wartawan, khususnya di Lombok Timur.
“Semua kebutuhan peserta ditanggung. Untuk itu, kami harapkan peserta agar sungguh-sungguh mengikuti UKW ini dan bisa lulus semuanya demi menjaga marwah dan martabat jurnalis,”pungkasnya.
Di Lombok Timur, dari sekitar 70 an wartawan yang bertugas, sekitar belasan orang yang sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan, baik wartawan tingkat Muda, Madya dan Utama. (sr)

Share this post