Basnaz Loteng, Siapkan Rp 2, 4 M untuk Pendidikan

Basnaz Loteng, Siapkan Rp 2, 4 M untuk Pendidikan

Lombok Tengah SR- Badan Amil Zakat (Basnaz) Lombok Tengah (Loteng), tidak main-main  menyiapkan anggaran senilai Rp 2,4 M untuk pendidikan di Loteng. Mulai dari sarana prasarana, pendidikan bagi para mahasiswa, mulai dari strata 1 atau sarjana, magister atau S2 dan pendidikan S3.

Wakil ketua II Ma’arif Abdul Madjid kata, dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, basnaz Loteng, telah memenuhi anggaran senilai Rp 2,4 juta. Anggaran tersebut digunakan bervariasi, artinya ada yang diperuntukkan untuk peningkatan sarana dan prasarana penunjang di madrasah, mahasiswa yang sedang menyelesaikan pendidikan akhir, baik S1, S2 maupun S3, termasuk yang dilakukan.

“Yang jelas, bantuan dari basnaz secara umum itu disediakan Rp 2,4 m, Ndan itu diperuntukkan sebagai penunjang mulai sarana dan prasarana, biaya pendidikan termasuk kemarin kita sudah memberikan bantuan untuk adik kita yang sedang menyelesaikan pendidikan, baik S1, S2 dan S3, paparnya, Rabu (21/10).

Untuk bantuan pendidikan lanjutnya, tentunya itu disesuaikan dengan beban biaya, misalnya saja mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi S1, Tesis S2 dan disertasi S3.

“Pada intinya, kebutuhan masing masing jenjang pendidikan jelas berbeda beda, dan bantuan yang kita berikan, itu kita sesuaikan dengan kebutuhan,” jelasnya.

Ditanya berapa mahasiswa yang mendapatkan bantuan, mulai dari S1, S2 hingga S3, alumnus MDQH ini mengaku, secara rinci datanya pihaknya lupa, namun yang jelas selama setahun ini, jumlah mahasiswa yang dibantu dalam menyelesaikan pendidikan mereka, kurang lebih 500 mahasiswa. Dan itu mulai dari semua jenjang pendidikan, dari S1, S2 hingga S3.

“Kalau pemberian bantuan yang kemarin itu, itu sudah ke sekian kalinya, sebab bisa dikatakan setiap bulan pemberian bantuan untuk mahasiswa yang sedang menyelesaikan studinya kita berikan secara bergiliran, sesuai dengan jumlah permintaan,” bebernya.

Ma’arif menambahkan selain hal diatas, putra putri Loteng yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri, juga anggarannya sudah disiapkan oleh basnaz Loteng. Dimana mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar negeri, diberikan bantuan Rp 7 juta.

Terhadap beberapa bantuan tersebut, pihaknya berharap untuk bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya dan beban pendidikan mereka semakin ringan. Selanjutnya, bagi siapapun apakah berstatus mahasiswa ataupun lembaga pendidikan lainnya yang membutuhkan bantuan, untuk segera mengajukan permohonan, sebab anggaran untuk pendidikan masih ada yang belum terpakai. (ap)

Share this post