Tekan Angka Kecelakaan, Bak Terbuka Ditindak Tegas

Tekan Angka Kecelakaan, Bak Terbuka Ditindak Tegas

Lombok Tengah SR- Kasat Lantas Polres Lombok Tengah (Loteng), AKP  Dony Wira Setiawan, dengan tegas bakal menindak para sopir yang tidak taat aturan, khususnya kendaraan roda empat jenis pick up.

“Sejak saya di angkat sebagai kasat Lantas Polres Loteng, masih terlihat banyak roda empat jenis pik up, yang lalu lalang dijadikan angkutan manusia, padahal itu tidak dibolehkan,” katanya di ruang kerjanya, Selasa (06/10).

Masih banyaknya roda empat jenis pick up yang mengangkut orang, itu akan ditindak tegas sesua aturan yang berlaku. Pasalnya penggunaan roda empat jenis pick up itu bukan untuk angkutan untuk orang, namun itu khusus untuk barang dan hewan.

“Dalam UU lalu lintas nomor 22 tahun 2009 telah jelas disebutkan, penggunaan angkutan barang tak sesuai dengan ketentuan, ancaman 2 tahun penjara dan denda Rp 250,”tegasnya.

Tegasnya aturan tersebut lanjutnya, mengingat banyaknya laka lantas yang disebabkan roda empat jenis pick up, salah satu contoh dalam satu pick up, sampai membawa orang diatas 10, ketika ada tanjakan, oengkola atau yang lainnya, kondisi mobil pastinya tidak akan stabil, sehingga mengakibatkan mobil tersebut kehilangan keseimbangan dan bisa mengakibatkan lama lantas.

“Yang namanya bukan peruntukan, saya rasa mudaratnya lebih besar, makanya sopir pick up yang masih saja mengangkut orang kita tindak,” tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan kesadaan para sopir pick up terhadap keselamatan para penumpang harus dikedepankan dan itu bagian dari tugasnya untuk ditertibkan.

Selain hal diatas, saat ini sedang berlangsung operasi yustisi dan penertiban masker. Melalui kesempatan ini, pihaknya menghimbau kepada masyarakat, ketika keluar atau berpergian untuk menggunakan masker, guna menekan penyebaran virus Covid-19 di Loteng.

“Marilah kita sebagai warga negara yang taat aturan, jika aturan sudah di tegakkan, Insyaallah saya yakin masyarakat Loteng akan terbebas dari penyebaran virus Covid-19,” tutupnya. (ap)

 

Share this post