Kado Istimewa Hari Jadi Lotim, RSUD R Seojono Selong Naik Kelas ke Tipe B

Kado Istimewa Hari Jadi Lotim, RSUD R Seojono Selong Naik Kelas ke Tipe B

Lombok Timur SR – Direktur RSUD Dr. R. Soedjono Selong, dr. Muhammad Tantowi Jauhari, dalam jumpa pers dengan  awak media di Rupatama Kantor Bupati Lombok Timur, Jumat (28/08) mengungkapkan bahwa  rumah sakit kebanggaan masyarakat Lombok Timur ini, sudah naik kelas dari tipe C ke B. Peningkatan status tersebut tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan Pemda Lotim.

“Alhamdulillah, kami menerima amanah peningkatan kelas rumah sakit (R Seodjono Selong) dari tipe C ke tipe B. Ini merupakan kado Hari Jadi Lotim ke 125,” kata Tantowi bahagia.

Selanjutnya, Tantowi mengatakan, dengan peningkatan status tersebut tentunya akan berimbas kepada peningkatan jumlah tenaga medis baik dari segi penambahan jumlah dokter dan bidang maupun pelayanan unit lainnya yang menunjang keberadaan rumah sakit bertipe B ini.

Saat ini, lanjut Tantowi, jumlah dokter spesialis di RSUD Dr. R. Soedjono Selong sudah memenuhi kebutuhan. Masyarakat tidak harus berobat ke luar daerah lagi karena fasilitas terus kita lengkapi dan telah memenuhi standar.

“Karena status RSUD Selong yang tipe B ini otomatis menjadi Rumah Sakit Rujukan Regional. Artinya, semua RSUD yang berdekatan dengan Lombok Timur, bisa dirujuk ke RSUD Selong, tidak langsung dirujuk ke RSUP kecuali tidak bisa diatasi di Rumah Sakit Rujukan Regional tersebut. Kita sudah siap dengan tenaga dokter dan peralatan medis juga terus kami tingkatkan,” terangnya.

Lanjut Tantowi, dengan bertipe B, RSUD Selong, akan mampu menggaet lebih banyak dokter spesialis-spesialis yang selama ini minim di RSUD Selong, karena masih tipe C. Itu artinya, pelanyanan kepada masyarakat akan lebih maksimal.

“Kita akui memang, selama rumah sakit masih tipe C, sangat kesulitan kita mendatangkan dokter spesialis khusus. Alhamdulillah, sekarang target Pak Bupati yang menginginkan kenaikan status RSUD Selong tercapai,”ungkapnya.

Kata dr Tantowi, selain kenaikan kelas, RSUD R Seodjono juga meresmikan 4 unit layanan tambahan baru yaitu CT Scan, Lab Patologi Anatomi, Klinik Bedah Mulut dan Hemodialisis. Termasuk penambahan ruangan cuci darah menjadi 29 ruangan.

“Dengan semakin banyaknya kita buka unit pelayanan kesehatan, tentu akan berdampak positif bagi pelayanan masyarakat,”ujarnya. “Kenaikan status RSUD R Soejono dari Tipe C ke B, ini hanya sertifikat, tapi yg paling penting masyrakat dapat menikmati layanan kesehatan dengan baik dan maksimal,”pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, H. M. Juani Taofik, saat membuka jumpa pers tersebut menyatakan, ada dua hal menjadi isu menarik menjelang hari jadi Lotim yang ke 125. ”Yang menarik adalah peningkatan status RSUD Dr. R. Soedjono Selong dari C ke B dan selanjutnya adalah mengubah tanah pecatu menjadi lapangan desa,”ucapnya.

Dikatakannya, peningkatan status RSUD Dr. R. Soedjono Selong dari tipe C ke B merupakan suatu prestasi yang harus dibanggakan menjelang Hari Jadi Lotim ke 125. Tentunya, dengan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat juga harus lebih ditingkatkan dari berbagai aspek.

“Dalam mengedepankan pelayanan, kami tengah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di NTB ini yang ada jurusan kesehatan atau dokter, dan itu kita akomodir semuanya,”pungkasnya.

Penyerahan SK kenaikan tipe RSUD R Soedjono dari C ke B dan penandatanganan MoU dengan perguruan tinggi di NTB ini akan dilaksanakan pada puncak perayaan HUT Lotim ke 125 pada 31 Agustus 2020. (sop).

 

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or