SUARA LOTENG 

Peduli Pendidikan Agama, FWLT Salurkan Al Qur’an dan Buku Kajian

Lombok Tengah SR- Seiring kemajuan teknologi, pendidikan agama kian mengkhawatirkan. Menangkal dan mengimbangi hal tersebut wartawan Lombok Tengah (Loteng), yang tergabung dalam Forum Wartawan Lombok Tengah (FWLT), baru-baru ini telah mendata sejumlah Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ), yang beroperasi di Loteng, untuk diberikan bantuan berupa Al Qur’an, buku-buku kajian agama Islam, buku tajwid, iqro dan sarana prasarana penunjang lainnya.
Ketua FWLT Loteng Agus Wahaji, menjelaskan bantuan yang disalurkan oleh FWLT Loteng, untuk TPQ khususnya di Loteng, itu sebagai salah satu cara membendung kemerosotan nilai nilai keagamaan, yang akhir-akhir ini mulai mengikis, akibat kemajuan teknologi.
“Pendidikan agama, kami menilai sudah mulai mundur, makanya kami bersama teman- teman wartawan yang tergabung dalam FWLT Loteng, menggagas dan memfasilitasi sejumlah TPQ yang ada di Loteng,” katanya, Senin (17/08).
Adapun bentuk bantuan yang diberikan lanjut wartawan senior Loteng ini, diantaranya Al Qur’an, buku iqro, tikar, sajadah, warles dan sejumlah alat ngajar lainnya.
Dari bantuan tersebut, diharapkan para pengelola TPQ merasa terbantu. Sebab bantuan yang diberikan adalah hal yang utama dibutuhkan, lebihnya lagi TPQ yang notabenenya memiliki pendidik banyak, namun fasilitas masih kurang.
“Alat penunjang atau komponen utama yang dibutuhkan adalah Al Qur’an, iqra dan yang lainnya. Makanya kita utamakan dan sudah disalurkan,” paparnya.
Selain itu, lanjutnya, bulan ini merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana bulan ini para pejuang Indonesia, telah berhasil merebut kemerdekaan dari para penjajah. Dan apa yang dilakukannnya itu, adalah bagian dari salah satu cara menyemarakkan HUT RI 17 Agustus.
“Menyemarakkan 17 Agustus, adalah suatu keharusan yang harus kita persembahkan buat para pejuang kemerdekaan kita. Dan memberikan bantuan untuk TPQ adalah bagian dari menyemarakkan hari kemerdekaan,” ungkapnya.
Dikatakan, penyebaran bantuan untuk TPQ di Loteng, pihaknya akui tidak semua TPQ yang diberikan namun, memprioritaskan untuk TPQ se Loteng. Artinya untuk bantuan perdana ini, pihaknya melakukan pengacakan, masing masing TPQ di 12 kecamatan se Loteng dijatahkan 2 TPQ, dan insyaallah pada bantuan tahap kedua, beberapa TPQ yang belum tersentuh dengan bantuan, insyaallah akan kebagian pula.
“Karena ini program awal, kita batasi sesuai kemampuan yang ada, masing masing kecamatan 2 TPQ dan insyaallah TPQ yang belum tersentuh menyusul,” terangnya.
Sementara itu, pembina TPQ Darul Yaqin Dusun Kelambi Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Loteng, Mahrun, M.Pd., mengaku bersyukur atas bantuan tersebut. Sebab, kebutuhan yang paling utama di TPQ yang ia bina saat ini adalah pengadaan Al Qur’an, buku iqra dan yang lainnya.
“Saat ini kami memang sangat kekurangan terutama Al Qur’an dan iqro dan Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini, kekurangan yang kami alami bisa terbantu,” katanya.
Diakuinya, jumlah peserta didik di TPQ Darul Yaqin diatas 200 orang, sedangkan sarana dan prasarana jauh dari jumlah peserta didik. Sehingga dengan adanya bantuan ini, beberapa kekurangannya bisa terbantu.
“Semoga bantuan yang diberikan mendapatkan keberkahan dan rekan rekan wartawan yang tergabung dalam FWLT Loteng, segala urusannya dipermudah dan semakin jaya,” ujarnya. (ap)

Related posts