Ditengah Corona, IAIH NW Lotim Gelar UAS Online

Lombok Timur SR – Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) NW Lombok Timur, menggelar Ujian Akhir Semester (UAS) dengan cara online. Hal ini dilakukan karena penyebaran Covid-19, khususnya di NTB masih terjadi dan belum ada tanda-tanda akan segera hilang.

“Dunia pendidikan tidak boleh terhenti, kendati ada pendemi Covid-19 yang melanda negara kita,” kata Rektor IAIH NW Lotim, Tuan Guru Bajang KH Muhammad Zainuddin Atsani, via WhatsApp, Rabu, (12/08).

Lanjutnya, IAIH selama pandemi Covid-19 ini tetap melaksanakan proses pembelajaran atau perkuliahan Daring/online, sehingga semester pun via Daring untuk memutus mata rantai penyebaran corona.

“Kalaupun kampus dibuka, tapi semua civitas akademika maupun karyawan IAIH NW Lotim, tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,” tandasnya.

Salah seorang panitia UAS Online, Habiburrahman, menjelaskan pelaksanaan ujian ahir semster berbasis komputer ini dilakukan sebagai pengganti ujian tatap muka. Sistem UAS online ini dengan cara masing-masing peserta ujian diberikan akun untuk mengikuti semester secara online, kemudian soal dikirimkan.

” UAS ini berlangsung selama 6 hari sejak tgl 10-15 Agustus 2020, dengan jumlah peserta ujian sebanyak 1.551 mahasiswa dari 3 fakultas dan 6 prodi. Adapun durasi menjawab selama 50 menit/mata kuliah,” jelasnya.

Lanjut Habib, adapun jawaban mahasiswa kemudian dikirim melalui link dosen mata kuliah yang bersangkutan, kemudian dosen langsung bisa mengoreksi jawaban mahasiswa.

” Pada sistem online ini juga, mahasiswa dapat melihat langsung jumlah nilai yang diperoleh dari hasil UAS Daring ini,”pungkasnya. (Vin)

Share this post