SUARA DESA 

Didemo Warganya, Kades Wakan Nyerah, Kawil yang Sempat Dilantik Dibatalkan

Lombok Timur SR – Polemik pelantikan  4 Kepala Wilayah (Kawil) Desa Wakan Kecamatan Jerowaro Kabupaten Lombok Timur yang dilkaukan Kepala Desa Wakan Sirajul Basri, di salah satu rumah makan di Desa Jerowaru pada Senin (03/08) kamaren, berujung pada perdamaian. Kades Sirajul Basri, tidak kuasa membendung desakan warganya sendiri dan melunak.

Hal tersebut terjadi setelah pihak Kecamatan, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Jerowaru melakukan mediasi antara pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Kepala Desa Wakan, di Kantor Camat Jerowaru, pada Selasa (04/08).

Dalam mediasi tersebut da tiga poin kesepakatan yang ditandatangai, pihak BPD dan Kepala Desa Wakan. Setelah selesai melakukan mediasi, dihadapan warga Desa Wakan, Ketua BPD Desa Wakan, Samsuriadi, M.Pd., membacakan hasil kesepakatan pihak Desa dan BPD tersebut.

“Saya akan bacakan hasil kesepakatan, pertama akan dilakukan Pansel pemilihan 10 Kawil yang ada di Desa Wakan sesuai dengan peraturan. KeduaKepala Wilayah yang sempat dilantik akan dilakukan penijauan kembali  untuk diangkat menjadi staf desa. Ketiga, Kantor Desa Wakan yang sempat disegel warga harus dibuka kembali,” tegasnya, seraya disambut riuh warga yang hadir.

Sebelumnya, pada Senin (03/08), puluhan warga Desa Wakan mendatangi kantor desa setempat untuk memprotes kebijakan kepada desanya yang melakukan pelantikan terhadap 4 Kawil tanpa melakukan seleksi. Warga yang kecewa atas perilaku kadesnya langsung menyegel kantor desa.

Masyarakat menuntut Kepala Desa, untuk tidak melakukan pelantikan terhadap 4 kawil tersebut, namun sang kades bersikeras melakukan pelantikan kendati tidak mendapatkan rekomendasi dari BPD setempat.

Adapun 4 Kawil Desa Wakan yang sempat dilantik adalah Mahadi, sebagai Kawil Lingkok Pren, Muldah sebagai Kawil Kelotok Barat, Haji Hamdan Wadi, sebagai Kawil Ulu, dan Mashur, sebagai Kawil Penimpoh Mayung. (lun)

Related posts

%d blogger menyukai ini: