Bupati Sukiman Tegaskan Sekolah Bisa Dibuka, Kadis Dikbud : Belum Bisa

Lombok Timur SR – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Dewanto Hadi mengatakan belum akan membuka pembelajaran secara tatap muka. Meskipun sebelumnya Bupati Lotim H. M. Sukiman Azmy mengatakan tanggal 8 Agustus mendatang sekolah sudah bisa dibuka kembali.

“Meski Bupati mengatakan demikian, tapi kita tetap tunggu instruksi dari Gubernur dulu,” kata Dewanto kepada Suara Rinjani di ruang kerjanya, Senin (03/08).

Menurut Dewanto, pembelajaran tatap muka selama ini belum bisa dilaksanakan mengingat kasus Covid-19 di Kabupaten Lotim masih fluktuatif atau naik turun. Sehingga hal tersebut menjadi pertimbangan pemerintah daerah (Pemda) maupun Provinsi.

“Kita ingin segera membuka sekolah tatap muka ini, tetapi tetap memperhitungkan pemerintah lebih tinggi, dalam hal ini gubernur dan pusat. Tapi beliau juga mempertimbangkan banyak hal. Apakah pandemi ada kecenderungan melandai sampai kasus nol atau naik turun lagi,” terang Kadis kelahiran Jawa Tengah ini.

Lanjut Dewanto, seandainya pembelajaran tatap muka tetap berjalan sesuai rencana maka salah satu cara untuk menghindari penyebaran Covid-19 di sekolah adalah dengan membagi kelas menjadi dua shift. Cara itu menurut dia bisa menjadi alternatif jika pembelajaran tatap muka dibuka nanti.

“Jika sekolah-sekolah nantinya tetap dibuka dan pembelajaran secara tatap muka dilakukan, sebagai alternatif kita akan membagi kelas menjadi dua shift,” pungkasnya.(sop)

 

Share this post