Dane Rase Gelar Musdes Penyusunan RKPDes

Dane Rase Gelar Musdes Penyusunan RKPDes

Lombok Timur SR – Pemerintah Desa Dane Rase Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2021.

“Alhamdulillah, Musdes sudah kita gelar, mulai dari sekitar jam sembilan sampai selesainya dan berjalan lancar” kata Kades Dane Rase saat ditemui di kantornya, Samsuddin, Senin (20/07).

Samsudin, menambahkan, dalam proses penyampaian materi dan lain sebagainya dan semua usulan-usulan dari masyarakat, khususnya dari Desa Dane Rase sudah kami tampung.

“Sudah ditulis langsung oleh notulensi terkait dengan segala bentuk usulan-usulannya dan sudah kami tulis dalam bentuk daftar usulan-usulan RKPDes untuk tahun 2021. Tentunya harus mengacu dan tidak terlepas dari RPJMDes. Yang paling penting tidak menyimpang dari itu dan semuanya sudah singkron mulai dari RPJMDes sampai dengan RKPDes itu sendiri,” terangnya.

Lanjutnya, terkait dengan usulan di RKPDes itu memang kebetulan sudah dibuatkan kamar, ada empat item di sana. Mulai dari pemerintah Ddesa, pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan masyarakat.

“Nah, jadi dari empat item itulah berangkat masyarakat kita di sini mengusulkan segala bentuk yang diusulkan, misalnya dalam bidang pembangunan. Masyarakat itu banyak sekali yang diusulkanya, terutama rabat gang, irigasi, sepat dan lain sebagainya, dan semuanya sudah kami tulis dengan rapi dalam berita acara,” jelasnya.

Sementara itu, Sekdes Dane Rase Khairudin mengaku, partisipasi masyarakat di Desa Dane Rase luar biasa antusiasnya mulai BPD, LKMD, Karang Taruna, Kader Posyiandu dan semua elemen masyarakat tokoh agama, tokoh masyarakat semuanya hadir mengikuti jalannya Musdes. Dari tingkat kehadiran, tentunya mereka membawa bentuk-bentuk usulan dari setiap Dusun.

“Sebelum mereka datang ke desa tentunya ada istilahnya koordinasi antar dusun. Jadi di dusun itu mereka diskusi terkait dengan seperti apa pembangunan yang akan diusulkan di desa kita. Berangkat dari sana, tidak terlepas dari RPJMDes yang ada. Nah jadi, itulah bentuk partisipasi antusias masyarakat kami yang ada di Desa Dane Rase ini,” pungkas Sekdes. (lun)

Share this post