Kantor Post Selong Salurkan BST Tahap Tiga 

 

Lombok Timur SR- Sebanyak 69.371 keluarga penerima manfaat (KPM) menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ketiga di Kecamatan Selong. Penyaluran BST di Kecamatan Selong dimulai sejak Senin 6 Juli kemarin.

Kepala Kantor Post Selong, Andreas Adi Mulyo mengatakan, dalam penyaluran BST tahap tiga ini dijadwalkan selesai Sabtu mendatang. Untuk di Kecamatan Selong sendiri kita jadwalkan akan selesai Sabtu.

“Kalau untuk keseluruhan Lombok Timur kita agendakan tanggal 15 bulan Juli ini,” tandas Andreas saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (8/7).

Lanjutnya, data penerima BST tahap pertama dan kedua berbeda dengan tahap ketiga. Dalam penyaluran tahap ketiga ini sebanyak 1000 lebih data penerima BST dikurangi. Adapun pengurangan jumlah penerima BST disebabkan oleh adanya data penerima BST yang ganda (double), meninggal dunia, dan berpindah tempat.

“Pengurangan ada. Di tahap satu jumlah kita 70.421. Jadi ada pengurangan sekitar 1000 orang. Terkait data kita tidak tahu sama sekali. Jadi data ini mungkin ada usulan dari dinas setempat,” imbuh Andreas.

Lebih lanjut, untuk mempermudah masyarakat penerima manfaat memperoleh BST dan mengurangi kerumunan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan pihak Kantor Post Selong akan mendatangi kantor desa dan bagi masyarakat yang mengalami cacat fisik akan diantarkan ke rumah secara langsung.

“Pembayaran kita lakukan tiga model. Jadi kita pembayaran di Kantor Post, khusus bagi masyarakat yang memang lokasinya dekat dengan Kantor Post, kemudian pembayaran juga kita lakukan di kantor desa agar masyarakat tidak terlalu jauh menjangkau sampai Kantor Post. Bagi masyarakat yang mengalami cacat fisik kita antar ke rumah,” jelas Andreas.

Info dari Kementerian Sosial program BST akan berlanjut sampai bulan Desember 2020. Akan tetapi, kata Andreas nominalnya akan ada pengurangan sejumlah Rp. 300.000 dari sebelumnya yang berjumlah Rp. 600.000.(sop)

Share this post