SUARA SUMBAWA 

Kanmenang Loteng, Buka Gelaran STQ XXVI Tingkat Kabupaten 

Lombok Tengah SR- Gelaran Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVI tingkat Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), di pusatkan di Alun Alun Tastura Loteng dan berlangsung selama 5 hari, terhitung dari tanggal 8 hingga 12 Juli mendatang.
Ajang bergengsi sekali setahun ini, dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Loteng H. Jalalusyayuthy, Rabu (08/07).
Dalam pesannya, orang nomor satu di lingkungan Kemenag Loteng mengajak kepada seluruh peserta untuk mengedepankan sufortifitas selama lomba berlangsung. Selanjutnya siapapun nantinya yang terpilih sebagai juara dan mewakili Loteng ke tingkat yang lebih tinggi, tentunya itu sebagai filter untuk terus belajarnya.
Bagi yang tidak bernasib, jangan menjadikannya untuk mundur dalam belajar, namun jadikan kegagalan ini sebagai semangat untuk terus belajar dan insyaallah kegagalan hari ini, adalah modal untuk terus giat belajar.
“Saya yakin seluruh peserta ini adalah yang terbaik dari yang baik di masing masing Kecamatan, bagi yang tidak beruntung harap dijadikan sebagai filter untuk terus belajar,. Demikian pula bagi yang juara, tentunya itu jangan dijadikan sebagai kesombongan, namun mari tingkat belajar, sebab di tingkat provinsi tantangannya lebih berat,” katanya.
Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) sekaligus Wakil Bupati Loteng HL. Fathul Bahri S,IP dalam sambutannya membacakan Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 1977 dan Nomor 151 Tahun 1977 tentang Pembentukan LPTQ.
Dalam STQ tingkat kabupaten ini,  sebanyak 8 cabang mata lomba yang akan dilombakan, diantaranya lomba tilawah golongan anak- anak putra – putri, Remaja Putra – putri dan golonga dewasa putra- putri, untuk lomba tilawah ini di pusatkan di alun alun mencingah.
Selanjutnya untuk lomba Tahfiz  1 juz hingga 15 juz bertempat di SMPN 2 Praya. “Untuk 1 juz umurnya dari 10 tahun ke bawah, sedangkan 15 juz 18 tahun ke bawah,” terangnya lagi.
Sedangkan untuk golongan 5 juz sampai 20 bertempat di SMPN 1 Praya, dan untuk 30 juz dan tafsir bahas Arab di pusatkan di Masjid Agung.
Adapun peserta yang sudah terdaftar dari 12 Kecamatan Se Loteng sebanyak

Količina sastojaka, zemlja porijekla, održavanje tvrdoće u penisu, 90% korisnika Kupite Vardenafil u online ljekarni bez recepta diskretno ne prepoznaje bilo kakve nuspojave. Zbog čega treba biti izuzetno oprezan pri nabavci, pogotovo ako se izbjegava razgovor o njima. Muškarci koji su sudjelovali u studiji najčešće su ukazivali na dva problema povezana s produljenim biciklizmom i erektilna disfunkcija pogađa više od trideset milijuna muškaraca u SAD-u.

192 orang dan tentunya 192 orang ini adalah peserta pilihan yang sebelumnya telah berhasil meraih juara pertama di masing masing Kecamatan.
“Kami yakin, persaingan dalam lomba ini sangat ketat, sebab semua peserta ini adalah pilihan di masing-masing Kecamatan, sebab di kecamatan juga sudah diuji,” katanya.
Dikatakan, lomba STQ ini serasa beda dengan STQ sebelumnya, artinya jika dulu di tonton oleh masyarakat, namun sekarang hanya boleh di tonton oleh ofisial. “STQ ini tetap kita mengacu pada protap Covid-19,” cetusnya.
Selain tanpa penonton, peserta yang tampil akan dibagi empat per kecamatan, dan masing-masing kecamatan aka membawa peserta sesuai dengan jadwal tanpil.
“Jika dulu semua peserta kita tampung, namun sekarang karena Covid-19, itu kita tiadakan dan mereka akan datang sesuai dengan jadwal tampil,” jelasnya.
Ditambahkan, sebenarnya kegiatan STQ direncanakan akan dilaksanakan di Kecamatan Praya Timur Loteng, namun sesuai kesepakatan bersama dengan seluruh panitia, akhirnya sepakat dipindahkan ke Kabupaten.
Dikatakan Loteng salah satu Kabupaten yang sudah terkenal mencetak para qori’/ ah, hafiz/ ah terbaik hingga internasional. Sebut saja seperti H. Sabaruddin salah seorang qori’ kebanggaan masyarakat Loteng, dimana beliau telah berhasil menjadi qori’ internasional di negara India dan Iran, dan masih banyak lagi beberapa qori’ terkenal lainnya.
Atas dasar hal tersebut, pihaknya berharap dalam STQ kali ini, akan lahir Sabaruddin Sabaruddin lainnya, sehingga nama Loteng, sebagai salah satu Kabupaten pencetak qori’, terus membahana.
“Dalam STQ kali ini, saya berharap akan lahir para qori’/ah sekelas H. Sabaruddin, sehingga nama Loteng selalu di kenal Jadi gudangnya para qori’/ah kelas internasional,” harapnya. (ap)

Related posts

Leave a Comment

Or

%d blogger menyukai ini: