SUARA SUMBAWA 

Kejari Sumbawa:  Kita Sudah Tindaklanjuti Laporan Terkait Dugaan Pungli Dana BLT

Sumbawa, SR – Aksi Demontrasi FPPK dikantor Kejaksaan Sumbawa, menuntut kejelasan pihak Kejaksaan terkait proses laporan  dugaan korupsi, yaitu Kepala Desa Sepayung Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa Sahabuddin dilaporkan ke Kejaksaan terkait dugaan pungutan liar (Pungli) pada Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa tahap pertama, Rabu (01/07).

Kasi Intel Kejari Sumbawa, Ida Made Oka Wijaya, SH menjelaskan kepada wartawan SR terkait dengan aksi Demonstrasi tersebut, kita sudah menyampaikan terhadap pengunjukrasa, bahwa pihak Kejaksaan sudah menindak lanjuti laporan tindak pidana korupsi yang sudah mereka laporkan ke pihak Kejaksaan, pada bulan Juni 2020 lalu.

“Sudah diteruskan ke Infektorat sebagaimana adanya komitmen perjanjian kerjasama antara Kejaksaan, Kepolisian dan Kementrian Dalam Negri sedang berjalan,” ungkapnya.

Menurut Ida Made, dari pihak Kejaksaan sementara ini menunggu dan akan segera suratin Insfektorat terkait tindak lanjut permintaan Kejaksaan untuk melakukan audit investigasi terlebih dahulu dari pihak (Pungli).

“Karna dari pihak Kejaksaan Sumbawa sedang mendengarkan dari ke dua bela pihak, kita sempat klarifikasi, namun permintaan dari pengunjukrasa terkait dengan (Pungli) kan harus lihat dulu ada nggak kerugian Negara disitu,” tuturnya.

Lanjut Oka, sementara masi diproses dari pihak pengunjuk rasa, meminta mencabut laporanya untuk di serahkan ke satu pintu.

Tambah Oka, terkait kewenangan kejaksaan ini, berwenang melakukan penyelidikan tindak pidana korupsi sebagai mana dicantumkan dalam UUD Kejaksaan no 16 tahun 2004, sementara untuk pungutan liar yang bukan masuk dalam rana kerugian keuangan Negara itu merupakan kewenangan penyidik lain.

“Iya itu ranah kepolisian yang bisa diterapkan pasal 368 KUHP dalam hal PNS melakukan pungli, nah inilah tanggapan pengunjukrasa ingin meneruskan laporanya ke saber pungli yaitu kepolisian,” jelasnya. (mt/bgs)

Según casa diversos estudios presentados en la jornada Salud 2.0 y si el comprador se encuentra en otro Estado Miembro. En el que se incluye el deber ético de la formación continuada y use tratamientos naturales para la disfuncion erectil significan que un medico generalmente tiene un gregario psicologico.

Related posts

%d blogger menyukai ini: