Songsong Idul Adha, Dinas Peternakan dan Keswan Buat Tim

Songsong Idul Adha, Dinas Peternakan dan Keswan Buat Tim

Datangkan 7000 Ekor Ternak dari Pulau Sumbawa

Lombok Timur SR- Meski Idul Adha tinggal sebulan lagi, akan tetapi jauh hari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah melakukan persiapan guna mengantisipasi adanya hewan kurban yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan  melalui Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan Hewan, Suzulhadi, S.Pd, saat ditemui di ruangannya mengatakan, pihak Dinas Peternakan sudah menurunkan petugasnya ke masing-masing kecamatan untuk mengkoordinir Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan dokter hewan untuk mengawasi hewan yang akan diqurban atau disembelih.

“Saat ini kami sedang menyusun tim untuk diturunkan dari Dinas Peternakan untuk mengecek hewan ternak ini layak dipotong dan dikonsumsi masyarakat,” terang Suzulhadi, kepada Suara Rinjani, Kamis (2/7).

Lanjut Zulhadi, prosedur pemeriksaan hewan sendiri nantinya akan melibatkan tim dari dokter hewan dan Dinas Kesehatan Lombok Timur dengan memeriksa postemortem dan antemortem yang meliputi bagian tubuh seperti mata, kulit, telinga dan bagian tubuh lainnya. Jika salah satunya tidak memenuhi syarat maka hewan tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

“Ternak yang dipotong itu ternak yang betul-betul sehat. Dari telinga, mata, panggulnya tidak boleh cacat. Kalau salah satu bagian tubuhnya cacat maka tidak layak untuk dipotong,” imbuhnya.

Zulhadi menambahkan permintaan masyarakat terhadap hewan kurban terus meningkat setiap tahunnya sehingga harga hewan kurban mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Biasanya, kata dia, permintaan hewan kurban akan sangat meningkat menjelang H -1 hari raya.

“Untuk sapi saat ini mengalami kenaikan harga. Untuk sapi potong yang beratnya 250 kilo harus menyiapkan dana 15 juta,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur saat ini sudah mendatangkan 7000 ekor ternak dari Pulau Sumbawa untuk mengantisipasi lonjakan permintaan dari masyarakat yang ingin berkurban. (sop)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or