Kenormalan Baru, 52 Ponpes di Lotim Siap Dibuka

Lombok Timur SR – Kebijakan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy untuk membuka sekolah dan Pondok Pesantren (Ponpes) menjadi angin segar bagi dunia pendidikan, khususnya madsarah.

Terkait hal tersebut, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Lombok Timur Drs. H. Azharuddin, M. Sy mengatakan, hal tersebut merupakan bentuk kebijakan Bupati karena baiknya hasil rapid test berbasis perbatasan, pasar, dan masjid.

Pihaknya mempersiapakan kriteria ponpes yang akan dibuka dalam menyonsong pemberlakuan New Normal ini. Sekitar 52 Ponpes akan dibuka oleh Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur.

“Kriteria Ponpes yang bisa dibuka adalah Ponpes yang memiliki program husus seperti tahfiz Al-Qur’an, program bahasa Arab-Inggris, dan membaca kitab kuning,” terang H. Azharuddin, M. Sy kepada Suara Rinjani, Rabu (17/06).

Lanjut Azharuddin, pembukaan pondok pesantren tentunya harus diikuti dengan protokol kesehatan seperti penyediaan tempat cuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker sehingga santri dan santriwati tidak was-was masuk ke ponpes. “Ini sudah otonomi daerah. Nilai positifnya yang diambil sama Pak Bupati karena setelah diadakan pengecekan kesehatan melalui perbatasan, kemudian di pasar, dan di masjid hasilnya bagus, sehingga beliau berinisiatif untuk membuka pondok pesantren,” tandasnya.

Kata Ahzar, meskipun kita berada dalam New Normal, namun protokol kesehatan tetap harus dijaga oleh ustadz dan pengasuh Ponpes itu.

“Santri juga mencuci tangan sering-sering, menggunakan masker, pengetesan suhu tubuh supaya tetap dilakukan,”pungkasnya.

Terpisah, Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan Ponpes Darunnahdlatain MTs. NW Desa Montong Tangi Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lotim, Aswadi, M.Pd.I, menyambut baik kebijakan Bupati tersebut. Melihat dalam kenyataannya anak-anak yang melakukan pembelajaran daring tidak berjalan maksimal.

“Kami mendukung kebijakan Bupati itu. Bupati juga tidak mungkin membuka Ponpes jika tidak ada dukungan dan peninjauan sebelumnya,” tandas Aswadi.(sop)

Share this post