SUARA LOTIM 

Layanan Nikah Dibuka, 70 Catin Daftar di KUA Selong

Lombok Timur SR- Kantor Urusan Agama (KUA) Selong Kabupaten Lombok Timur (Lotim) kembali membuka layanan pernikahan. Pelayanan dibuka sejak tanggal 10 Juni 2020. Sejak dibuka enam hari lalu, KUA Selong mencatat sebanyak 70 calon pengantin (catin) sudah mendaftar.

“Sejak dibukanya kemarin tanggal 10 Juni itu, sudah 70 calon pengantin yang mendaftar,” terang Kepala KUA Selong, M. Hamim Najmi, S. Ag, M. Ag, kepada Suara Rinjani, Selasa (16/06).

Lanjut Hamim, untuk pendaftaran pernikahan di masa pandemi Covid-19 bisa dilakukan secara online. Namun berbeda dengan pelaksanaan akad nikah, sejak dikeluarkannya surat edaran, yang intinya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa melaksanakan akad nikah di kantor maupun di luar kantor dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Kalau pernikahannya itu dilaksanakan di dalam kantor, itu tidak boleh lebih dari sepuluh orang. Kalau di luar kantor tidak boleh lebih dari maksimal 20 persen dari kapasitas tempat atau tidak boleh lebih dari 30 orang,” jelas Hamim.

Lebih lanjut, untuk mencegah terjadinya pernikahan dibawah umur atau pernikahan dini, Hamim mengajak semua komponen baik pemerintah maupun masyarakat untuk mensosialisasikan batas usia matang bagi calon pengantin.

“Saya harapkan pemerintah dan masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada warga mengenai batas usia matang pernikahan. Dimana untuk yang perempuan minimal 19 tahun dan laki-laki harus 25 tahun,” harapnya. (sop)

Related posts

%d blogger menyukai ini: