Warga Desa Suralaga Mulai Terima BLT DD

Lombok Timur SR – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD Tahap pertama  bagi masyarakat desa yang terdampak Covid-19 mulai disalurkan. Salah satunya Pemerintah Desa Suralaga Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, Selasa (19/05). BLT Dana Desa tersebut menyasar 264 Kepala Keluarga/ KK penerima manfaat yang tersebar di 6 Dusun/wilayah setempat.

Pjs. Kepala Desa Suralaga Zarwan,  mengatakan setiap Kelarga Penerima manfaat (KPM) mendapat BLT-DD senilai Rp. 600.000. Dana tunai tersebut dikucurkan untuk tiga bulan, hingga Juni 2020 mendatang.

“Hari ini kita mulai salurkan, penerima manfaat disasar adalah hasil dari pendataan relawan desa yang sebelumnya telah dimusyawarahkan melalui musdes,” katanya.

Zarwan menegaskan bahwa masyarakat yang berhak mendapatkan BLT DD harus memiliki beberapa kretiria. Seperti kehilangan mata pencaharian, punya penyakit menahun/kronis, jompo, perempuan kepala keluarga kurang mampu, belum terdata sama sekali mendapatkan BLT-DD, tidak mendapatkan JPS Gemilang Provinsi  atau  Bansos Kabupaten dan  belum masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Pihaknya juga mengimbau agar proses penyaluran BLT bisa berjalan kondusif dan tetap sesuai dengan imbauan pemerintah tentang pencegahan Covid-19.  Sehingga masing-masing Dusun Kita jadwalakan pembagiannya.

“Proses penyaluran BLT desa ke masyarakat harus tetap mematuhi protokol Covid-19 menghindari kerumunan dan warga penerima wajib memakai masker serta tetap dalam pantauan instansi terkait agar berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara salah seorang warga penerima BLT DD Inaq Nurhidayat merasa  bersyukur dengan  cairnya bantuan tersebut yang sangat bermanfaat pada momen jelang lebaran seperti ini. “Saya bersyukur dan terbantukan dengan pembagian BLT ini lebih-lebih menjelang lebaran, sehingga ada yang kita pakai memenuhi kebutuhan” ungkapnya.

Turut hadir pada pembagiandan penerimaan BLT tersebut Bhabinkamtibmas, Ketua BPD beserta bebera  anggota dan kepala wilayah masing-masing dusun guna memastikan penyaluran tepat sasaran, aman dan kondusif. (EZY)

Share this post