Khotmil Qur’an Jelang Ijtimaq Ramadhan yang Digelar PBNW Mendunia

Khotmil Qur’an Jelang Ijtimaq Ramadhan yang Digelar PBNW Mendunia

Mataram SR – Muqaddimah Ijtimaq Ramadan dan peringatan Nuzulul Quran yang digelar Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) hari ini Selasa,19 Mei 2020 dengan diawali Khotaman Al Quran bersama Ketua Umum PBNW Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH MZainuddin Atsani, dan Hafiz Cilik Indonesia M Naja, mendunia. Hal ini disebabkan peserta Khotmil Quran online/virtual ini diikuti ribuan peserta baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Total peserta yang sudah melakukan registrasi hingga hari ini berjumlah 4987 peserta yang terdaftar resmi di panitia, belum lagi peserta yang suah menginformasi ikut tapi tidak terdaftar yang diperkirakan mencapai 5000 lebih peserta. Persiapannya sidah matang,” kata M Ihsan di Mataram, Selasa (19/05).

Sekretaris Pengurus Wilayah NW Provinsi NTB, DR Hasan Zaini, menambahkan bahwa peserta Khotmil Quran secara virtual ini berasal dari 26 provinsi di Indonesia dan perwakilan beberapa Negara seperti Arab Saudi, Tunisia, Mesir, Malaysia, Brunai Darussalam, UEA. “Ini benar-benar mendunia, pesertanya tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga berasal dari berbagai perwakilan Negara luar,”ujarnya.

Lanjut Hassan, kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh jamaah NW, tetapi banyak  juga diikuti oleh Mahasiswa seperti UIN Sunan Kalijaga, Universitas Veteran Yogjakarta, UPI, UNRAM, UIN Mataram, Universitas Halu Huleo, Universitas Riau, Universitas Al Asariah Sulbar, IAIN Samarinda dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun teknis  pelaksanaan menggunakan Online/virtual. Dimana peserta sudah terkumpul dari berbagai negara dan provinsi di Indonesia dan pondok pesantren dan akan dihubungkan melalui aplikasi Zoom.

“Teknis kegiatannya nanti kita akan menggunakan aplikasi zoom untuk menghubungkan peserta dari berbagai Negara dan berbagai provinsi di Indonesia” ungkapnya.

Hassan mengaku bersyukur atas antusias perwakilan peserta yang berasal dari wilayah Indonesia termasuk dari luar organisasi NW dan luar negeri. “Alhamdulillah peserta yang masuk dari semua wilayah Indonesia ada saja perwakilan. Termasuk dari luar warga NW,”, tutupnya.

Ketua Umum PBNW,  Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH. Lalu gede Muhammad Zainuddin Atsani mengintruksikan kepada seluruh jamaah NW di mana pun berada untuk ikut berpartisipasi membaca Al qur’an yang dimulai pukul 16.15 WITA. “Ayo kita baca Alquran bersama secara online dengan niat semoga virus Corona ini lenyap dari bumi Indonesia pada khususnya dan muka bumi pada umum,”imbuhnya. (vin)

Share this post