SUARA LOTIM 

Kadis Sosial NTB akan Evaluasi Pelaksanaan JPS Gemilang

Lombok Timur SR – Dihadapan Bupati Lombok Timur, saat Rapat Koordinasi di kantor Bupati setempat, Senin (11/05),  Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB H. Ahsanul Khalik menyampaikan bahwa pihak Provinsi NTB tengah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang yang disebutnya sempat mendapat penolakan dan tanggapan kurang mengena dari masyarakat. Hal ini dilihatnya menjadi preseden terhadap kerja sosial sebagai upaya penanganan dampak Covid-19.

Ahsanul juga menyebutkan adanya penambahan quota untuk Kabupaten Lombok Timur, mengingat pada pendistribusian sebelumnya ada desa yang mendapatkan quota di bawah 50 KK. Nantinya desa minimal memperoleh quota 98 KK. Karena itu ia meminta untuk dilakukan validasi data agar tidak ada yang KK yang mendapatkan bantuan ganda.

“Silahkan keluarkan yang sudah dapat salah satu jenis bantuan. Usulkan masyarakat yang memang tidak mampu,” pintanya.

Pihaknya juga berjanji akan mengirimkan pendamping PKH guna membantu validasi data. Menurut Ahsanul jika data dapat segera dituntaskan distribusi tahap selanjutnya dapat dilakukan sebelum lebaran. “Pola pendistribusian juga tengah dibahas agar seluruh item dapat didistribusikan secara serentak,” tegasnya.

Lanjutnya, Dinas Sosial memastikan akan melakukan pengawalan dan pengawasan saat pendistribusian. Ia juga menyebutkan bahwa item telur akan diganti dengan ikan kering. “Saya pastikan, tidak ada kebijakan yang akan mempersulit masyarakat, baik dari pemerintah Provinsi maupun kabupaten,” pungkasnya.(sop)

Related posts