Ditengah Wabah Korona, 782 JCH Lotim Sudah Lunas

Ditengah Wabah Korona, 782 JCH Lotim Sudah Lunas

Lombok Timur SR- Mewabahnya Covid-19 membuat Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Lombok Timur yang sudah dipastikan berangkat tahun ini harap-harap cemas. Meski Pemerintah Pusat melalui Kementrian Agama (Kemenag) sudah menyiapkan beberapa opsi, namun Pandemi Covid-19 yang sudah memasuki NTB sejak Maret lalu bisa menghalangi penyelenggaraan ibadah haji.

“Pemerintah melalui Kementrian Agama sudah menyiapkan tiga opsi. Yang pertama berangkat haji dengan kuota normal. Kedua 50 persen dari total kuota yang akan berangkat dan yang ketiga opsi penundaan, meski yang ketiga ini belum resmi,” terang Kepala Seksi Penyuluhan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Lombok Timur, Makinuddin, S. Sos.I, ME, saat ditemui di ruangannya, Senin (04/05).

Dia menambahkan, sebanyak 821 calon jemaah haji dari Kabupaten Lombok Timur akan berangkat tahun ini. Sementara yang sudah melunasi per tanggal 30 April sebanyak 782 orang.”Yang tidak melunasi itu ada yang sudah meninggal, karena mengudurkan diri dan karena faktor ekonomi,” tandasnya.

Pelayanan pendaftaran haji di Kantor Kemenag Lombok Timur hingga hari ini berjalan lancar, namun sejak mewabahnya pandemi Covid-19 menyebabkan adanya pembatasan dari pihak Kemenag. “Untuk pelayanan masih tetap seperti biasa, tapi sejak adanya pandemi ini, kami batasi jumlahnya maksimal lima (5) orang pendaftar,” imbuh Maki. Manasik haji tahun ini juga dipastikan tidak akan seperti tahun-tahun sebelumnya. “Insha Alloh nanti manasiknya online,” tutupnya.(sop)

 

Share this post