Baznas Lotim Mulai Salurkan Bantuan Tunai Mustahiq

Baznas Lotim Mulai Salurkan Bantuan Tunai Mustahiq

Lombok Timur SR – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lombok Timur, mulai mendistribusikan Bantuan Tunai Mustahiq (BTM) kepada 9 asnaf peneriama zakat tersebut.

“Sebelum puasa itu Baznas Lotim sudah menyalurkan BTM khusus kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang ada asramanya, masing-masing per anak mendapatkan Rp.100 ribu,” kata Wakil Ketua Bidang Penyaluran Baznas Lotim, L Muhir, S.Ag. di ruang kerjanya belum lama ini.

Lanjut Muhir, sebelum puasa itu ada 96 LKSA yang sudah kita data dan sudah diberikan santuan kepada LKSA yang memiliki asrama atau dalam panti, dan untuk puasa ini kita akan menyisir LKSA yang non panti.

“Untuk besaran bantuannya, kami tidak membedakan antara LKSA Panti dan LKSA non Panti, sama saja bantuan kami berikan asal mereka mengajukan permintaan kepada kami, dan tentunya  LKSAnya terdaftar,” terangnya.

Selain kepada LKSA, kata mantan Kades Bagik Payung dua periode ini, kami juga menysisir orang tua jompo, orang terlantar termasuk yang sangat membutuhkan bantuan karena mengalami sakit yang cukup parah atau karena kondisi ekonominya yang memperihatinkan tetap diberikan santunan.

“Apakah dia sudah berhaji atau belum, tapi kalau sudah lanjut usia dan kondisinya memperihatinkan, kita akan santuni juga. Makanya sekarang ini kita dorong di tengah masyarakat untuk membetuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) karena ini juga arahan Bupati dan ada anggarannya,”pungkasnya.

Selain bantuan reguler, Baznas juga ikut membantu pemerintah dalam mengatasi masalah penyebaran Korona ini dengan memberikan masker, hand sanitizer dan bansos berupa sembako kepada masyarakat terdampak. (sop)

Share this post